Cerita Sukses Eko Prasetyanto

Identitas
Nama        : Eko Prasetyanto
NIM           : M2A099022 (Angkatan Tahun 1999)
Tgl lahir    : 8 Maret 1981
Pekerjaan : PNS Kementerian Sekretariat Negara
Jabatan     : Kepala Bagian Protokol dan Tata Usaha Pimpinan

Aktivitas saat ini
Rutinitas yang dijalani saat ini adalah mengkoordinasikan agenda kegiatan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) serta mengkoordinasikan proses penatausahaan surat yang akan diajukan kepada Mensesneg dan kepada Presiden meliputi verifikasi, koordinasi, konfirmasi dan administrasi.
Meskipun menjadi suatu rutinitas yang cenderung dapat memicu kebosanan, ada hal yang menarik pada pekerjaan ini yaitu challenge untuk menjalin networking dengan seluruh instansi pemerintah, LSM, perusahaan swasta nasional maupun perusahaan asing serta berkomunikasi dengan pimpinan tinggi di instansi pemerintah maupun top leader di perusahaan swasta. Kemampuan komunikasi, pemahaman secara komprehensif mengenai semua business process yang ada di instansi, kemampuan memahami dan menganalisa setiap kondisi dan perkembangan setiap situasi baik politik, ekonomi, keamanan, dll baik di dalam negeri dan luar negeri menjadi hal yang sangat mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari.
Selain itu, dengan posisi saat ini yang membawahi 4 orang kasubbag dan 26 staf, dimana 2 kasubbag adalah pegawai yang lebih senior dan 9 staf yang sudah mendekati usia pensiun, menjadi tantangan tersendiri untuk meng-encourage kompetensi staf dan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki dimana tuntutan zero mistake adalah hal yang harus dipenuhi.
Prinsip yang dipegang pada saat mengabdi menjadi PNS ketika staf adalah bekerja seprofesional dan mau belajar melakukan pekerjaan apa saja, berkeyakinan bahwa semua orang baik mulai cleaning service sampai pejabat memiliki peran yang penting dalam keberhasilan suatu pekerjaan, berupaya membantu setiap orang yang membutuhkan sesuai kewenangan dan berpegang teguh bahwa jabatan adalah amanah.

Hal-hal selama kuliah yang memiliki kontribusi pada pekerjaan saat ini
Materi kuliah yang berkaitan dengan psikologi komunikasi, human resource, psikologi sosial, psikologi konseling membantu memberikan kontribusi dalam mengasah kemampuan untuk berempati, berkomunikasi dengan setiap orang di semua level jabatan serta membantu menemukan kendala pada diri staf dalam pengembangan diri dengan melakukan konseling dimana semua itu berperan dalam perjalanan karir hingga sampai pada posisi jabatan saat ini.
Tanpa dipungkiri dengan semakin berkembangnya pengetahuan, tuntutan terhadap pekerjaan yang semakin tinggi dan persaingan kompetensi yang fair, setiap instansi memiliki kebijakan tersendiri mengenai pola karir. Saat ini di Kementerian Sekretariat Negara, memiliki ijazah S1 saja tidak cukup, sehingga banyak pegawai yang menempuh pendidikan S2. Pendidikan Magister Manajemen dengan konsentrasi pada bidang SDM yang saya tempuh, memberikan wawasan dan pengetahuan serta meningkatkan kompetensi untuk bersaing pada posisi jabatan yang lebih tinggi.

Aspirasi 5 tahun mendatang
Saat ini, peran psikologi pada pola karir baik di instansi pemerintah maupun swasta sangat diperlukan, terutama terkait pengembangan kompetensi dan pola karir. Kebutuhan akan asessment centre mulai banyak diminati dan juga dibutuhkan sebagai upaya organisasi untuk melakukan pemetaan tentang kekuatan SDM. Tentunya ini menjadi peluang bagi lulusan psikologi di masa yang akan datang.

Masukan
Sharing knowledge, experience dari para praktisi-praktisi di bidang psikologi baik itu di bidang Human Resource, klinis, sosial, anak, dll akan sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan gambaran tentang apa, bagaimana dan melakukan apa ke depannya setelah lulus serta memperoleh masukan mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja.

Harapan
Sebagai alumni Psikologi UNDIP, tentunya memiliki harapan agar lulusan Psikologi UNDIP dapat menjadi agent of change untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik.