Activity

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

alumniFakultas Psikologi Universitas Diponegoro sebagai kampus yang fokus pada studi psikologi keluarga, mengajak alumninya untuk aktif dalam membenahi permasalahan bangsa dimulai dari lingkup keluarga. DR. Hastaning Sakti, M.Kes selaku Dekan dari Fakultas Psikologi UNDIP menyatakan bahwa permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia seringkali bermula dari masalah keluarga, sehingga negara akan baik jika lingkup terkecil keluarga itu juga baik. Hal ini disampaikan beliau disela-sela acara Temu Kangen Ikatan Keluarga Psikologi (IKAPSI) UNDIP yang diselenggarakan di Hotel Grasia, Sabtu, 20 Agustus 2016.

Konggres alumni juga merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diselenggrakan dalam dua hari tersebut (20-21 Agustus 2016). Dimana seperti yang diketahui bahwa, visi Fakultas Psikologi UNDIP telah dicanangkan sejak awal berdirinya di tahun 1995 mengarah pada studi psikologi keluarga. Dan sejak tahun 2007, program kontribusi untuk negeri mulai digalakkan. Ibu Hasta menyampaikan bahwa, program yang dijalankan oleh kampus dan alumni tersebut harus berpijak pada cara memandang permasalahan dengan menggunakan Empati, yang berarti merasakan apa yang dirasakan orang lain. Melalui hal inilah kampus Psikologi UNDIP mengajak alumni dan mahasiswa, bahwa ketika telah selesai menempuh pendidikan di FAPSI UNDIP, dapat bermanfaat bagi orang lain dan memberikan kontribusi berarti bagi semua.

Acara yang diselenggarakan IKAPSI kali ini mengusung tema “Kembali untuk Berbagi”, dengan harapan para alumni dapat kembali berkontribusi dan berbagi pada almamaternya. Hal ini sejalan dengan rangkaian acara Dua Dasawarsa Fakultas Psikologi UNDIP yang bertemakan “Empati Untuk Negeri”, dimana saatnya ilmu psikologi banyak berperan dalam pembenahan negeri ini. Acara ini berlangsung selama dua hari, tidak hanya berupa temu kangen dan konggres. Terdapat serangkaian acara lainnya yang turut serta meramaikan acara antara lain seminar, sarapan bersama, napak tilas serta doa untuk alumni dan dosen yang telah wafat. Melalui acara dan program yang telah dicanangkan inilah inilah, alumni Fakultas Psikologi UNDIP yang telah mencapai 1.200 orang ini, memiliki salah wadah untuk kembali berbagi dengan satu visi Empati untuk Negeri.