Sabtu, 19 Oktober 2019

Blog Archives

SEMARANG – Jasa Psikologi (JAPSI) Universitas Diponegoro yang bekerja sama dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk melaksanakan proses rekrutmen di lantai 1 gedung perkuliahan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada hari Jum’at (8/3)
Rekrutmen ini diadakan untuk menyeleksi 20 kandidat untuk posisi Management Trainee (MT) yang ditujukan kepada mahasiswa fresh graduate. Para kandidat yang mengikuti proses rekrutmen ini merupakan mahasiswa jurusan Teknik Sipil angkatan 2014-2016.
Proses rekrutmen ini terdiri dari beberapa sesi, antara lain sesi Psikotes, diskusi grup, dan sesi wawancara.
Dengan mengandalkan beberapa tenaga ahli, JAPSI mampu melaksanakan proses rekrutmen ini dalam satu hari, yang dimulai dari pukul 08.00 hingga 16.00.
Kedepannya, JAPSI sangat menyambut baik tawaran berupa kerjasama untuk mendapatkan sumber daya yang kompeten dan sesuai dalam proses rekrutmen dengan instansi-instansi terkait.

Jasa Psikologi (JAPSI) Undip kembali menyelenggarakan Asessment Center pada hari Jumat (4/4/2019) bagi para calon Direktur Utama, Direktur dan Komisiaris PT. Jamkrida Jateng yang bertempat di Hotel Kesambi Hijau, Semarang.
Tujuan dari asesmen center kali ini diharapkan dapat menemukan orang yang sesuai kompetensi yang dibutuhkan dan mengisi posisi yang tepat. Pada asessmen center yang diselenggarakan oleh JAPSI Undip melibatkan enam assessor dan empat asisten asesor, dipimpin oleh Harlina Nurtjahjanti, S.Psi,M.Si yang berkompeten dalam Assessment Center.
Proses Asessment Center dilaksanakan selama satu hari yang dimulai dengan Psikotes, Simulasi, Leaderless Group Discussion (LGD) dan Behavioral Event Interview (BEI). Secara keseluruhan kegiatan asessement centre bersama PT. Jamkrida Jateng berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Pada hari Jumat, 07 Desember 2018, bertempat di Balai Kota Semarang, Jasa Psikologi Universitas Diponegoro melakukan asesmen centre untuk menyeleksi calon Direktur dan Komisaris Bank Pasar. Peserta menjalani seluruh rangkaian proses asesmen meliputi psikotes, studi kasus, Behavioral Event Interview, In basket dan presentasi.

Pada hari Kamis, 26 Juli 2018, Fakultas Psikologi Undip melaksanakan tes untuk seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten/ kota di Jawa Tengah Periode 2018-2023. Bersama-sama dengan 9 fakultas/ jurusan Psikologi dari berbagai universitas lainnya, Fakultas Psikologi Undip melaksanakan tes serempak untuk 6 zona di Jawa Tengah, meliputi psikotes, Leaderless Group Discussion, dan wawancara untuk 81 orang. Peserta yang menjalani tes di Fakultas Psikologi Undip adalah calon anggota KPU kabupaten/ kota Batang, Kota Semarang, dan Kota Salatiga.

Jasa Psikologi UNDIP melaksanakan Psikotes pada sekitar 1420 calon Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) pada hari Selasa, 24 Juli 2018. Bertempat di kampus PIP Semarang, Jl. Singosari No.2A Wonodri, psikotes berlangsung sebanyak 2 sesi yaitu pagi (dimulai pada pukul 07.30) dan siang (dimulai pada pukul 13.00).
Peserta seleksi merupakan siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang bercita-cita menjadi kader perwira pelayaran ataupun tenaga ahli angkatan laut.
Selama beberapa periode terakhir, PIP Semarang telah melibatkan Jasa Psikologi dalam proses seleksi calon taruna untuk memperoleh siswa yang berkualifikasi baik. Jasa Psikologi Fakultas Psikologi Undip menyambut setiap bentuk kerjasama dengan berbagai instansi dalam pelaksanaan psikotes untuk kegiatan rekrutmen.

Semarang (17-18/4/2017) Telah dilaksanakan assessment centre bagi 13 karyawan Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BTPPI) di Fakultas Psikologi Undip. Assessment centre dilakukan selama dua hari pada 17-18 April 2017. Enam assessor dilibatkan dalam kegiatan ini dengan Dra. Frieda N. R. H., M.S. sebagai Lead Assesor. Assessment Centre ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran kompetensi pegawai pada jabatan struktural.

Jadwal kegiatan assessment centre hari pertama adalah simulasi, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Behavioral Event Interview (BEI). Pada hari kedua, jadwal kegiatan assessment centre adalah tes psikologi yang dilakukan di ruang tes Jasa Psikologi Undip. Secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan lancar dan tanpa ada hambatan berarti.

japsi2

SEKILAS TENTANG JAPSI
Jasa Psikologi Undip merupakan unit jasa dan layanan psikologi yang selalu mengedepankan kualitas pelayanan prima, keakuratan, dan kerahasiaan dengan didukung oleh para Psikolog dan Sarjana Psikologi yang profesional. JAPSI bertujuan memberikan layanan kepada masyarakat, mulai dari individu hingga kelompok atau perusahaan, yang membutuhkan tenaga psikolog yang handal, profesional, dan berpengalaman di bidangnya. Japsi didirikan berawal dari keberadaan Badan Konsultasi Mahasiswa (BKM) dengan Surat Keputusan Rektor Undip No. 003/SK/PT09/1990 tanggal 16 Januari 1990. Seiring dengan pendirian Program Studi Psikologi di Fakultas Kedokteran, pada tahun 1996 Japsi dikelola oleh Prodi Psikologi hingga saat ini Prodi Psikologi berubah menjadi Fakultas Psikologi.

VISI DAN MISI
VISI
Menjadi lembaga layanan psikologi dengan kualitas terbaik di IndonesiaTahun 2021

MISI
1.  Menyediakan sumber daya manusia yang profesional dengan etor kerja tinggi
2. Menyediakan jasa konsultasi, tes psikologi dan layanan pelatihan sesuai dengan kebutuhan serta menjangkau semua kalangan
3. Menjalin cakupan kerjasama yang luas baik individu, instansi maupun perusahaan besar di Indonesiadengan menjamin kerahasiaan data.