Psychology First Aid

psy-first-aidPsychological First Aid (PFA) merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan dan praktik kepada mahasiswa bagaimana cara menangani kebencanaan dan mencetak mahasiswa Fakultas Psikologi Undip yang mampu mengaplikasikan ilmunya dalam hal mengabdi pada masyarakat. Sehingga seluruh peserta kegiatan Psychological First Aid (PFA) diharapkan mampu terjun langsung ke daerah bencana dan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan dari kegiatan Psychological First Aid (PFA).

Rangkaian acara Psychological First Aid (PFA) diawali dengan technical meeting yang diadakan pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2015 di Aula Lt. 3 Dekanat Fakultas Psikologi Undip mulai pukul 12.30 sampai dengan 18.00. Dalam technical meeting, peserta diberikan gambaran mengenai seminar dan pelatihan yang akan dilaksanakan pada kegiatan Psychological First Aid (PFA) serta pembagian kelompok untuk simulasi bencana.

Pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017 kegiatan Psychological First Aid (PFA) dilaksanakan di Aula Lt. 3 Dekanat Fakultas Psikologi Undip mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB. Kegiatan Psychological First Aid (PFA) ini diikuti oleh 29 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Undip dan diisi dua orang pemateri yakni Bapak Ir. Arus Horizon, M.T. selaku Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jawa Tengah dan Ibu Dr. Hastaning Sakti, M.Kes., Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi Undip.

Sesi pertama kegiatan Psychological First Aid (PFA) dibawakan oleh Bapak Ir. Arus Horizon, M.T dengan materi “Psikososial Bencana pada Tanggap Darurat”, “Rujukan Gangguan Kesehatan Jiwa”, “Dukungan Psikososial Pascabencana”, “Dampak Psikologis Bencana”, dan “Membangun Resiliansi”. Selanjutnya, sesi kedua kegiatan Psychological First Aid (PFA)  diisi oleh Ibu Dr. Hastaning Sakti, M.Kes., Psikolog dengan materi “PFA for All: Stabilisasi Emosi kepada Korban Bencana”. Acara ini diakhiri dengan terbentuknya Volunteer Psikologi yang diketuai oleh Sabastian Yustiano dari angkatan 2016.