Sejarah Singkat

Rencana pendirian Fakultas Psikologi di Universitas Diponegoro sudah dimulai sejak tahun 1980, yang diwujudkan dengan menerima sejumlah Sarjana Psikologi sebagai dosen yang ditempatkan di beberapa fakultas di lingkungan Undip, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sastra, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dosen-dosen dengan latar belakang keilmuan Psikologi tersebut juga terlibat di dalam Badan Konsultasi Mahasiswa Universitas Diponegoro (BKM Undip).

Pada tahun 1991, Rektor Undip, yaitu Prof. dr. Moeljono S. Trastotenojo memperoleh ijin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Fuad Hasan untuk menyiapkan Fakultas Psikologi. Usaha keras untuk menyiapkan Fakultas Psikologi Undip tersebut membuahkan hasil dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi pada tanggal 18 Agustus 1995 dengan nomor 362/Dikti/Kep/1995, yang diterimakan kepada Rektor Undip, Prof. Dr. Muladi, S.H. sebagai landasan ijin pendirian Program Studi S1 Psikologi dengan menginduk pada Fakultas Kedokteran Undip.

Rektor menunjuk Drs. Darmanto Jatman, S.U., sebagai Ketua Program Studi Psikologi Undip yang pertama. Dosen-dosen yang merintis kiprah awal Program Studi S1 Psikologi Undip pada saat itu adalah Dra. Frieda NRH, M.S., Dra. Sri Hartati, M.S., Drs. Karyono, M.Si., Dra. Suci Murtikarini, M.Si., Dra. Siswati, M.Si., Drs. Zaenal Abidin, Dra. Endang Sri Indrawati, dan Drs. Asyhadi Abroza. Dengan menempati salah satu unit dari kompleks gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (sekarang Fakultas Sains dan Matematika atau FSM), maka pada tahun akademik 1996/1997, Program Studi Psikologi Undip mulai menerima mahasiswa baru dan kegiatan proses belajar mengajar pun dimulai. Pada tanggal 16 Agustus 2000, Program Studi Psikologi Undip resmi menempati gedung baru di lingkungan kampus Tembalang Undip. Sejak saat itu semua proses belajar mengajar dipusatkan di gedung tersebut.

Program Studi Psikologi Undip resmi menjadi Fakultas Psikologi Undip pada tanggal 24 April 2007 dengan diterbitkannya Surat Keputusan Rektor Undip Nomor 28/SK/J07/2007 tentang Pembentukan Fakultas Psikologi. Landasan hukum perubahan status menjadi fakultas tersebut makin diperkuat dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 65 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Undip. Terhitung mulai tanggal 2 Oktober 2009, Fakultas Psikologi merupakan fakultas ke-11 di lingkungan Universitas Diponegoro. Dekan pertama yang terpilih kemudian adalah Drs. Karyono, M.Si.

Pada tahun 2007, Drs. Darmanto Jatman, S.U., yang telah menjalani masa pensiun pada saat itu, dikukuhkan sebagai guru besar pertama Fakultas Psikologi Undip. Dari pemikiran-pemikiran beliau, rintisan visi fakultas mengenai psikologi yang berbasis keluarga, khususnya keluarga Indonesia, mulai dimunculkan dan disosialisasikan.
Pada tahun 2010, Fakultas Psikologi Undip memiliki gedung dekanat baru yang bersebelahan dengan gedung lama. Fakultas Psikologi terus berkembang hingga saat ini. Animo calon mahasiswa terhadap Fakultas Psikologi Undip setiap tahun pun meningkat. Jumlah dosen tetap dan tenaga kependidikan telah mengalami perubahan dan senantiasa diupayakan untuk disesuaikan dengan rasio jumlah mahasiswa yang akan dilayani, serta didukung dengan fasilitas sarana dan pra sarana yang semakin lengkap. Senat Fakultas Psikologi dalam keputusannya pada tanggal 4 Desember 2013 menetapkan bahwa tanggal 18 Agustus menjadi tanggal peringatan dies natalis Fakultas Psikologi Undip.

Sejak tahun 2000 hingga 2018, Program Studi Sarjana Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro terakreditasi B dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Surat Keputusan akreditasi B terakhir No. 174/SK/BAN-PT/AK-XVI/VIII/2013 berlaku hingga 24 Agustus 2018. Selanjutnya, resmi mendapatkan peringkat terakreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1109/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018 yang berlaku sejak 24 April 2018 hingga 24 April 2023. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro merupakan salah satu anggota Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) yang mempunyai semangat bekerjasama guna terwujudnya Pendidikan Tinggi Psikologi yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat global.