Visi Misi Tujuan & Profil Lulusan

VISI
Menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga Indonesia pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi berbasis keluarga Indonesia yang inklusif terhadap ilmu lain dan perkembangan jaman.
  2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah psikologi yang berbasis pada keluarga Indonesia.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk membangun keluarga tangguh berdasarkan kajian psikologis.

TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan adalah menghasilkan sarjana psikologi yang:

  1. Menguasai pengetahuan dasar psikologi dan teknik pengamatan objektif dalam menginterpretasikan tingkah laku manusia menurut kaidah-kaidah psikologi
  2. Kompetitif secara global dengan karakter unggul
  3. Memiliki kepekaan terhadap nilai-nilai ke-Indonesiaan dan partisipasi aktif dalam penyelesaian permasalahan di masyarakat
  4. Mampu melakukan penelitian, kajian, dan publikasi ilmiah dalam bidang psikologi berbasis keluarga
  5. Melaksanakan kode etik keilmuan, penelitian, dan profesi
  6. Menguasai prinsip-prinsip dan metode asesmen Psikologi

PROFIL LULUSAN
Counselor (Konselor)
Peran yang melibatkan pemberian nasihat dan saran kepada orang lain/kelompok untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman dalam menyelesaikan masalah.

Assessor (Asesor)
Peran yang meliputi kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui proses observasi, interviu, dan survei, melalui tahapan mengadministrasikan hingga menginterpretasikannya.

Researcher (Peneliti)
Peran yang berkaitan dengan pengembangan psikologi melalui penyelidikan terhadap suatu masalah secara kritis dan ilmiah, serta kemampuan untuk melakukan penafsiran terhadap fenomena.

Educator (Pendidik)
Peran yang melibatkan pembelajaran, pembimbingan dan pengasuhan pada peserta didik.

Entrepreneur (Wirausaha)
Peran yang melibatkan kreativitas, inovasi, dan keberanian mengambil resiko, mengambil keputusan, memiliki keterampilan manajerial, serta memahami perilaku konsumen, dan strategi pemasaran untuk menciptakan lapangan kerja.

Manager (Manajer)
Peran yang melibatkan kemampuan merencanakan, mengorganisasi, mengintegrasikan berbagai karakteristik individu dalam organisasi, memprediksi situasi, serta memberikan pengarahan, menjalankan kontrol, dan evaluasi.

Trainer (Fasilitator)
Peran yang berkaitan dengan pengembangan individu dan/atau kelompok melalui prosesCproses mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, memfasilitasi pelaksanaan program pelatihan dan evaluasinya.

Consultant (Konsultan)
Peran yang melibatkan kemampuan analisis, pemahaman mengenai psikologi, dan aplikasinya untuk membantu organisasi dalam merumuskan tujuan dan strategi yang diinginkan.

Program Developer (Penyusun Program)
Peran yang melibatkan kemampuan menyusun program pengembangan pelatihan, pendidikan, dan pemberdayaan individu dan atau kelompok.