Center for Career and Capacity Development Studies (CAREERS)

PENTINGNYA PUSAT RISET UNTUK DIDIRIKAN

Pada 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Pada periode tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa. Secara normatif, bonus demografi seyogianya membawa sebuah negara menuju arah lebih baik, khususnya membawa kesejahteraan untuk segenap tumpah darahnya. Membludaknya tenaga kerja produktif adalah peluang emas Indonesia untuk menggenjot roda ekonomi. Idealnya, pertumbuhan ekonomi terpacu, sektor riil terdongkrak, dan daya saing meningkat (Kementerian PPN/Bappenas, 2017).

Agar Indonesia dapat memetik manfaat maksimal dari bonus demografi, ketersediaan sumber daya manusia usia produktif yang melimpah harus diimbangi dengan peningkatan kualitas dari sisi pendidikan dan keterampilan, termasuk kaitannya dalam menghadapi keterbukaan pasar tenaga kerja. Untuk menjawab tantangan tersebut, sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, Indonesia fokus pada dua isu, yakni tenaga kerja dan pendidikan. Terkait tenaga kerja, salah satu arah kebijakan adalah memperkuat daya saing tenaga kerja dalam memasuki pasar tenaga kerja global (Kementerian PPN/Bappenas, 2017).

Di satu sisi, dalam mengantisipasi persaingan dan kerja sama global, bangsa Indonesia membutuhkan SDM yang tangguh, profesional, dan mampu berinteraksi sesuai konteks budaya. Di sisi lain, hasil penelitian merupakan salah satu indikator perguruan tinggi dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu, sarana dan wadah untuk riset dan publikasi ilmiah yang berfokus pada karir dan pengembangan kapasitas individu perlu didirikan, dikelola, dan berkegiatan secara kontinyu, untuk memberikan rekomendasi secara signifikan dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

Pusat riset baru bertajuk Center for Career and Capacity Development Studies (CAREERS) memiliki visi sebagai berikut:
“Menjadi pusat studi yang unggul dalam melakukan riset yang berkualitas dalam bidang karir dan pengembangan kapasitas individu dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa dan kualitas hidup masyarakat yang berkelanjutan.”

Visi tersebut akan dicapai melalui misi sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan riset yang inovatif dengan fokus bidang karir dan pengembangan kapasitas individu.
2. Menyelenggarakan workshop untuk meningkatkan kompetensi peneliti dalam melakukan riset dan publikasi ilmiah di bidang karir dan pengembangan kapasitas individu.
3. Mempublikasikan hasil riset dan inovasi dalam bidang karir dan pengembangan kapasitas individu dalam karya-karya ilmiah.
4. Mendiseminasikan hasil riset dan inovasi dalam bidang karir dan pengembangan kapasitas individu kepada civitas akademika maupun masyarakat luas.
5. Mengembangkan jurnal ilmiah internasional bereputasi sebagai outlet hasil-hasil riset mengenai karir dan pengembangan kapasitas individu.
6. Membangun dan mengembangkan kerja sama riset dan kegiatan penunjang lainnya dalam bidang karir dan pengembangan kapasitas individu dengan partner dari dalam Undip, maupun peneliti lain, pengambil kebijakan, pemangku kepentingan, dan Lembaga profit maupun non-profit, baik dalam scope nasional maupun internasional.

Adapun tujuan CAREERS adalah:
1. Melaksanakan riset dan menghasilkan publikasi ilmiah berkualitas dalam bidang karir dan pengembangan kapasitas individu.
2. Meningkatkan kapasitas riset peneliti dalam bidang karir dan pengembangan kapasitas individu.
3. Menerbitkan jurnal ilmiah internasional “Indonesian Journal of Career and Capacity Development.”
4. Melebarkan jejaring kerja sama riset dan kegiatan penunjang lainnya dalam bidang karir dan pengembangan kapasitas individu.

MANFAAT UNTUK PENGEMBANGAN UNDIP
  1. Manfaat pendirian Center for Career and Capacity Development Studies (CAREERS) untuk Undip adalah sebagai berikut:
    Menjadi salah satu wadah untuk mencetak peneliti yang unggul, output riset yang bermutu, publikasi ilmiah yang berkualitas, dan terbangunnya jejaring kokoh dalam bidang riset dan pengembangan individu, sehingga menundukung akreditasi program studi dan universitas, serta menunjang tercapainya beragam indikator kinerja Undip sebagai PTN-BH.
  2. Berdirinya CAREERS turut meningkatkan jumlah kelompok riset yang berkualitas, sehingga sejalan dan salah satu rencana induk penelitian Undip 2016 – 2020, yaitu “Penguatan dan revitalisasi pusat riset merupakan salah satu rencana strategis dalam untuk mencapai sasaran berupa meningkatnya jumlah kelompok riset yang berkualitas,” dan relevan dengan periode pengembangan Undip sebagai universitas riset (2015 – 2020) dalam pentahapan 5 tahunan sejak tahun 200 sampai dengan 2025.
  3. Melalui riset-riset dengan fokus karir dan pengembangan kapasitas individu, CAREERS dapat mendukung sustainability lembaga-lembaga terkait yang ada di Undip, seperti Undip Career Center dan Klinik Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis, dan turut menguatkan Direktorat Sumber Daya Manusia dan Direktorat Alumni dan Kemahasiswaan.
  4. Turut berkontribusi dalam menguatkan pencapaian visi Undip yaitu “Universitas Diponegoro menjadi Universitas Riset yang Unggul”.
  5. Sejalan dengan salah satu dari misi Undip, yaitu misi ke-2: untuk menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menghasilkan publikasi, hak kekayaan intelektual, buku, kebijakan, dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal
  6. Relevan dengan 2 dari 4 tujuan Undip yaitu tujuan ke-2: mengembangkan, mentransformasikan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan penelitian, pembuatan karya ilmiah/teknologi, serta mengupayakan penggunaannya untuk mendukung pembangunan nasional; serta tujuan ke-3: mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil penelitian untuk peningkatan taraf hidup masyarakat dan kemajuan bangsa.
  7. Seiring dengan 3 dari 10 sasaran Undip, yaitu sasaran 1: meningkatnya akses pendidikan, penjaminan mutu akademik, dan daya saing/kompetensi dosen dan mahasiswa; sasaran 3: meningkatnya sumber daya, produktivitas, dan mutu penelitian dan publikasi ilmiah; dan sasaran 5: pengabdian masyarakat.
  8. Dapat menjadi sarana mahasiswa untuk berpikir kritis, belajar sepanjang hayat, dan menjadi peneliti, sehingga dapat mendukung tercapainya profil lulusan Undip yaitu Communicator, Professional, Leader, Entrepreneur, Thinker, dan Educator (COMPLETE).
  9. Dapat bersinergi dengan upaya peningkatan kapasitas riset mahasiswa, misalnya dengan melakukan mentoring kepada mahasiswa melakukan riset dan publikasi ilmiah dengan fokus karir dan pengembangan kapasitas individu, khususnya dalam partisipasi dalam beragam kometisi ilmiah, seperti Program Kreativitas Mahasisw, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Debat, dan Mahasiswa Berprestasi, maupun dalam menyelesaikan riset yang menentukan selesainya studi.
ANALISIS SITUASI, ALASAN PEMILIHAN BIDANG FOKUS, DAN KETERKAITAN DENGAN PENELITIAN TIM PENGUSUL
ANALISIS SITUASI
  1. Kekuatan (Strength)
    a. Ketua peneliti dan anggota pendiri mengenai rekam jejak yang memadai dalam melakukan penelitian dan publikasi ilmiah mengenai karir.
    b. Adanya kebutuhan masyarakat yang besar untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai pemilihan karir dan program pengembangan karir dan kapasitas individu.
    c. Adanya ketersediaan dana hibah pendirian pusat riset dari Undip.
    d. Adanya ketersediaan dana hibah penelitian dari Undip dan Kemenristekdikti.
    e. Lingkup penelitian spesifik dan berpeluang berkolaborasi dengan beragam bidang.
    f. Kejelasan roadmap dengan pelaksanaan yang berkesinambungan.
    g. Adanya kerja sama riset antara expert dari Griffith University Australia dengan ketua dan wakil ketua pendiri sejak 2016.
  2. Kelemahan (Weakness)
    a. Sarana dan prasarana untuk berdirinya pusat riset belum memadai.
    b. Kerja sama riset dan non-riset dengan stakeholder masih perlu ditingkatkan.
    c. Reputasi pusat riset belum dikenal luas.
    d. Belum ada pengalaman tim pendiri untuk menjalankan pusat riset yang sustainable.
  3. Peluang (Opportunity)
    a. Belum ada pusat riset serupa di dalam Undip maupun dalam scope regional dan nasional.
    b. Undip sebagai world class university memiliki kapasitas memadai untuk mengakomodir pendirian dan pengembangan pusat riset dari sisi pendanaan, fasilitasi, dan idealisme.
    c. Adanya peneliti lain dari dalam maupun luar negeri yang memiliki minat riset yang sama untuk melakukan kolaborasi riset.
    d. Penelitian mengenai karir tergolong baru dan belum banyak dikembangkan dalam scope nasional.
    e. Dosen dan mahasiswa dari Program Stusi Psikologi Fakultas Psikologi dan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip banyak yang memiliki minat riset dan telah melakukan banyak riset yang berfokus pada pengembangan karir dan kapasitas individu, namun belum tergabung dalam wadah yang pas untuk bisa mengembangkan riset dan networking.
    f. Adanya kesempatan untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan industri untuk memecahkan permasalahan mengenai karir, pengembangan kapasitas individu, dan pengembangan kepemimpinan.
    g. Undip memiliki Undip Career Center, Kelompok Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis, serta Direktorat Alumni dan Kemahasiswaan dan juga Direktorat Sumber Daya Manusia yang berpotensi bersinergi dalam riset-riset mengenai pengembangan karir dan kapasitas mahasiswa dan alumni, serta SDM dosen dan tenaka kependidikan.
    h. Belum ada jurnal ilmiah internasional di Indonesia mengenai career and capacity development, dan sudah ada jurnal internasional bereputasi sebelumnya seperti Journal of Career Development dan Australian Journal of Career Development, yang dapat dijadikan contoh dalam pengembangan jurnal internasional baru.
    i. Undip memiliki banyak ahli dalam pengembangan dan akreditasi jurnal yang dapat dijadikan referensi dalam pengembangan jurnal ilmiah internasional melalui pusat riset ini.
  4. Ancaman (Threat)
    a. Adanya moving policy tentang pertanggunjawaban keuangan penggunaan dana riset.
    b. Adanya tuntutan yang meningkat dalam bidang-bidang kegiatan non-riset kepada dosen dan mahasiswa yang membutuhkan alokasi waktu, tenaga, dan pikiran juga.
ALASAN PEMILIHAN BIDANG FOKUS

Alasan pemilihan karir dan pengembangan kapasitas individu sebagai bidang fokus pusat studi ini adalah sebagai berikut:

  1. Perkembangan karir pada manusia dapat diteliti sepanjang rentang kehidupan, yaitu dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan lansia, serta dalam bergaam setting, meliputi hubungan orang tua – anak, sekolah, kampus, universitas, dan tempat kerja. Bauran peneliti memungkinkan untuk dilakukannya riset dalam beragam area tersebut.
  2. Fokus pada karir dan pengembangan kapasitas individu sesuai dengan salah satu bidang fokus dalam Rencana Induk Penelitian Undip Tahun 2016 – 2020, yaitu bidang riset sosial humaniora – seni budaya – pendidikan.
  3. Pusat riset dengan bidang fokus karir dan pengembangan kapasitas individu belum ada di Undip, juga belum ada pula dalam scope regional maupun nasional.

Berita Terkait