Dekan Fakultas Psikologi UNDIP, Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Psikologi UNDIP dengan Kepala Desa Banjarsari, Kecamatan Sayung, Haryanto, S.H., M.H. dan Kepala Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Ahmad Chabibulloh, S.Psi, pada Sabtu, 1 Juli 2023, untuk menguatkan kolaborasi yang telah terjalin, dan membuka peluang jenis kegiatan Tri Dharma PT baru berbasis keluarga dan budaya untuk dosen dan mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula Pendampingan Psikologis Parenting Berbasis Kearifan Lokal di Era Digital pada Masyarakat Pesisir di Desa Banjarsari, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, bersama tim: Dr. Novi Qonitatin, S.Psi., M.A., Dr. Endah Kumala Dewi, M.Kes, dan Dito Aryo Prabowo, S.Psi., M.Psi. Kegiatan yang melibatkan 30 penggerak PKK dari Desa Banjarsari, Kecamatan Sayung serta Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah ini dilakukan untuk menambah pengetahuan para ibu sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga, yang keputusannya sangat menentukan arah pendidikan anak ,khusunya di era digital. Para ibu diajak merefleksikan pengalaman dalam mengasuh anak dan mengidentifikasi pola-pola yang efektif sesuai dengan budaya lokal, serta mendiskusikan beragam problem terkait pengasuhan anak dan pendidikan.

Selain meningkatkan engagement dengan masyarakat pesisir, rangkaian kegiatan tersebut turut mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SGDs) 4 (pendidikan berkualitas) dan nomor 17 (kemitraan untuk mencapai tujuan).