Dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro menggelar kegiatan bertajuk ‘Disability Matters: Kita Bisa, Kita Setara, Kita Inklusif, Kita Berdaya’ yang berlangsung pada tanggal 2 Desember 2023 di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi apik antara Kelompok Studi Aging and Disability Research Center (ADRC) Fakultas Psikologi dengan BEM Fakultas Psikologi Kabinet Rona Cakrawala sebagai wadah diskusi terkait isu-isu disabilitas beserta tantangan yang acapkali menempatkan penyandang disabilitas sebagai kelompok yang termarginalkan.

Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi Talkshow dengan melibatkan narasumber: Nanik Indarti, S.Sn (Founder Unique Project Theatre), Isriadi Widodo, A.K.S (Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah), dan Dr. Ika Febrian Kristiana, S.Psi., M.Psi (Dosen Fakultas Psikologi UNDIP) dengan dimoderatori oleh Costrie Ganes Widayanti, S.Psi., M.Si., Med., Ph.D (Dosen Fakultas Psikologi UNDIP).

Selain itu, juga diadakan Workshop Bahasa Isyarat bersama dengan teman-teman Tuli, yaitu Kurnia Khoirul Candra, S.Sos., Indira Ulina Girliana, Rahmayna Kentiasih, Aditya Ilham Pratama, S.Stat, yang didukung oleh Juru Bahasa Isyarat, yaitu Al-Fath Nuur Fajar Wahyu Subroto, S.Pd., dan Eka Sari Utami, A.Md.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan mengoptimalkan upaya-upaya strategis dan kolaboratif yang bertujuan untuk memberdayakan penyandang disabilitas dan memastikan bahaw hak-hak dasar penyandang disabilitas pun terpenuhi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menguatkan kesadaran akan pentingnya membangun dan menciptakan lingkungan dan budaya inklusif, yang responsif terhadap keberagaman.

“Merangkul Asa, Wujudkan Setara”