BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA


Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan sebuah lembaga tinggi eksekutif kemahasiswaan yang berada di tingkat Fakultas Psikologi dan berfungsi sebagai lembaga pelaksanaan sekaligus koordinator penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan di tingkat Fakultas. BEM bergerak sebagai wadah pengembangan potensi mahasiswa baik lingkup internal maupun eksternal. Hadir dengan 1 tim, 2 biro serta 9 bidang, BEM Kabinet Meraki Karsa 2024 bertumbuh setiap harinya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dengan semangat melayani, BEM juga berpartisipasi dalam pengawalan isu-isu hangat seperti sosial politik, riset, kewirausahaan, lingkungan alam, minat dan bakat hingga kaderisasi. Melalui visi-misi yang BEM ciptakan, harapannya setiap punggawa maupun mahasiswa Psikologi mampu mengoptimalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian serta Pengabdian Masyarakat yang kami sinergiskan dengan 3 fungsi dasar dari BEM yaitu Pengkaryaan, Pelayanan dan Pergerakan.

Setiap tahunnya, BEM aktif membantu Fakultas dalam melatih kemampuan berorganisasi dan mengasah keterampilan kepemimpinan, manajemen, pembentukan karakter hingga pengembangan diri mahasiswanya guna menciptakan kader-kader profesional di masa mendatang melalui kegiatan seperti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Pra-Dasar (LKMM-PD), Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Dasar (LKMMD), Leadership Training (LT), Sekolah Para Pengkarya Psikologi (SP3). BEM juga mendorong mahasiswanya untuk turut aktif dalam pengembangan potensi di dalam dirinya melalui program Career Plan : Job Fair, Magenta Market Day (M2D), CLISE, Tritaclass, Konferensi Mahasiswa Psikologi Indonesia (KMPI).

VISI & MISI


Visi : “Wujudkan BEM Fakultas Psikologi Undip 2024 sebagai bentuk nyata perubahan yang penuh tanggung jawab, penuh cinta, cerdas beretika, kreatif, dan sepenuh jiwa”

Misi

  1. Membangun BEM Fakultas Psikologi Undip sebagai wadah perubahan nyata bagi fakultas, oraganisasi hingga mahasiswa.
  2. Membangun sistem dan lingkungan organisasi yang profesional, apresiatif, inklusif, adaptif, dan komitmen tinggi.
  3. Membangun citra positif dan hubungan baik dengan berbagai pihak/lembaga baik di dalam maupun di luar Fakultas Pskologi Undip melalui optimalisasi media informasi dan teknologi.
  4. Mewujudkan bentuk pelayanan yang responsif dan solutif dengan melahirkan sumber daya yang berkompeten dan berintegritas tinggi.
  5. Menjaga, membina, dan mengembangkan, sistem kaderisasi Fakultas Psikologi Undip.
  6. Mengembangkan dan mengawal isu-isu terbaru baik pada tingkat fakultas hingga tingkat nasional sebagai upaya pergerakan aktif.
  7. Membawa BEM Fakultas Psikologi Undip sebagai pendorong iklim prestatif yang berbudaya apresiatif dan berdaya saing tinggi.

Dalam menjalankan tugasnya BEM Fakultas Psikologi terdiri dari Unit Pelaksana Sebagai berikut :
a.  Ketua dan Wakil Ketua
b.  Koordinator Bidang
c.  Tim Penjaminan Mutu Organisasi
d.  Biro Administrasi
e.  Biro Media data dan informasi (Medinfo)
f.   Keorganisasian dan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (K&PSDM)
g.  Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma)
h.  Karier dan Profesi (Kapro)
i.   Minat dan Bakat (Mikat)
j.   Riset dan Keilmuan (RIskel)
k.  Ekonomi Kreatif (Ekotif)
l.   Pengabdian Masyarakat (Dimas)
m. Hubungan Masyarakat (Humas)
n.  Kajian Aksi Strategis (Kastrat)