Program Pengabdian Masyarakat IPTEK Bagi Desa Binaan Undip (IDBU) yang diketuai oleh Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D dengan anggota Prof. Ir. Mochamad Arief Budiharjo, S.T., M.Eng.Sc, Env.Eng, Ph.D., IPM. dan Dr.Ling., Ir. Sri Sumiyati, S.T., M.Si., IPM. telah sukses menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Desa Kalisalak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

Tema dari KKN Tematik Desa Kalisalak 2023 adalah Intervensi Edukasi Lingkungan untuk Mewujudkan Desa Sadar Sampah di Desa Kalisalak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

Kegiatan KKN Tematik ini melibatkan mahasiswa dari 5 Fakultas (6 Program Studi) yang ada di Universitas Diponegoro. Berikut nama-nama mahasiswa yang tergabung dalam Tim KKN Tematik Desa Kalisalak Tahun 2023:
1. Muhammad Fatih Athar Al Kautsar (Fakultas Psikologi)
2. Jordan Vegard Ahar (Fakultas Psikologi)
3. Claudia Marie Krista Anindita (Fakultas Psikologi)
4. Moch Rafi Fadhilatus Syuhur Ramadhan (Fakultas Psikologi)
5. Dwi Kurnia Romadhoni (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
6. Ahmad Shiddiq Akrianto (Fakultas Hukum)
7. Muhammad Farhan Haris Rosidi (Fakultas Sains dan Matematika)
8. Rachel Paulina Ginting (Fakultas Teknik)
9. Ikhda Nurul Fauziyah (Fakultas Teknik)
10. Maria Griselda Vania Claresta (Fakultas Teknik)
11. Septiana Rizki Hapsari (Fakultas Teknik)

Program multidisiplin “Intervensi Edukasi Lingkungan untuk Mewujudkan Desa Sadar Sampah di Desa Kalisalak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang” telah berhasil dilaksanakan dalam rentang waktu 29 Juli s.d. 30 September 2023.

Output yang dihasilkan antara lain:
a. Modul Pelatihan Edukasi Lingkungan
b. Update status kegiatan dan program kerja di media sosial
c. Perbaikan karakter masyarakat
d. Pembuatan platform media sosial resmi Desa Kalisalak sebagai bentuk implementasi digital marketing
e. Reportase pada media berita (elektronik atau cetak)
f. Video dampak kegiatan pengabdian masyarakat

Sementara itu, program keilmuan yang berhasil digagas sebanyak 12 dengan total luaran sejumlah 23 sesuai kepakaran dari bidang studi masing-masing mahasiswa.

Mahasiswa-mahasiswi KKN Tematik Desa Kalisalak 2023 pun sangat aktif melakukan kegiatan dalam membantu warga seperti gotong royong, rembuk stunting, kegiatan di Posyandu, terlibat membantu ibu-ibu PKK, mengolah sampah daur ulang di Bank Sampah, serta mempersiapkan kegiatan 17 Agustus di beberapa RT/RW di Desa Kalisalak.

Ragam program maupun kegiatan tersebut berhasil dilaksanakan berkat kerja keras, dedikasi, serta kolaborasi yang apik dari kesebelas punggawa tim KKN Tematik Desa Kalisalak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

Kesebelasan punggawa Tim KKN Tematik Desa Kalisalak 2023 bahagia bisa merangkai cerita, menebar makna, dan memberikan pengabdian berkesan bagi seluruh masyarakat Desa Kalisalak.