Evaluasi Perkuliahan Khusus Dosen Step 1 of 4 25% Kepada Bapak/Ibu Dosen Fakultas Psikologi UNDIP yang kami hormati, Sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Psikologi UNDIP, evaluasi dan monitoring pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dan Kurikulum Kampus Merdeka (KKM) menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF) Fakultas Psikologi UNDIP memohon kesediaan Bapak/Ibu untuk mengisi kuesioner ini sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Seluruh identitas yang diberikan akan dijaga kerahasiaannya dan jawaban yang diberikan hanya akan dipergunakan untuk kepentingan monitoring dan evaluasi KPT. Partisipasi bapak/ibu merupakan kontribusi nyata untuk kemajuan Fakultas Psikologi UNDIP yang kita cintai bersama. Terima kasih telah meluangkan waktu dan mengisi kuesioner ini. Salam hangat, TPMF Fakultas Psikologi UNDIP Nama Dosen*-pilih satu-Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi, M.Si, Ph.D.Dra. Endang Sri Indrawati, M.Si.Dra. Darosy Endah H, M.PdDrs. Zaenal Abidin, M.SiDr. Niken Fatimah Nurhayati, M.PdDr. Yeniar IndrianaDr. Prasetyo Budi Widodo, S.Psi, M.SiDr. Hastaning Sakti, M.KesSuparno, S.Ag, M.S.I.Dr. Endah Kumala Dewi, M.Kes.Anita Listiara, S.Psi, M.A.Dra. Diana Rusmawati, M.Psi.Endah Mujiasih, S.Psi, M.Si.Dr. Kartika Sari Dewi, S.Psi, M.PsiImam Setyawan, S.Psi, M.A.Dr. Dinie Ratri Desiningrum, S.Psi, M.SiDr. Unika Prihatsanti, S.Psi, M.A.Annastasia Ediati, S.Psi, M.Sc, Ph.D., PsikologCostrie Ganes Widayanti, S.Psi, M.Si.Med., Ph.D.Jati Ariati, S.Psi, M.Psi.Yohanis F. La Kahija, S.Psi, M.ScDr. Ika Febrian Kristiana, S.Psi, M.PsiDr. phil. Dian Veronika Sakti Kaloeti, S.Psi., M.Psi.Dr. Novi Qonitatin, S.Psi, M.A.Dinni Asih Febriyanti, S.Psi, M.Psi.Adi Dinardinata, S.Psi, M.PsiMuhammad Zulfa Alfaruqy, S.Psi., M.A.Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., M.A.Dwi Hardani Oktawirawan, S.Psi., M.Si.Jessica Dhoria Arywibowo, S.Psi., M.Psi., PsikologAldani Putri Wijayanti, S.Psi., M.Sc.Dito Aryo Prabowo, S.Psi., M.PsiFika Nadia Tirta Maharani, S.Psi., M.Psi. PsikologHasan Fahrur Rozi, S.Psi., M.Psi., Psikolog.Vemita Sinantia, S.Psi., M.Si.Dra. Siswati, M.Si.Dra. Frieda Nuzulia Ratna Hadiyati, MS.Drs. Karyono M.Si.Dr. Drs. Mualimin, M.Hum.Arido Laksono, S.S., M.Hum.Dr. Drs. Catur Kepirianto, M.Hum/Dra. Ana Irhandayaningsih, M.Si.Dra. Mirya Anggraini, M.Hum.Mata Kuliah yang Diampu*Silahkan pilih mata kuliah apa saja yang diampu, tanda plus untuk menambah tanda minus untuk mengurangi Bagian 1 Bagian ini merupakan form evaluasi kesiapan dalam proses pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) pada saat mengampu mata kuliah Mohon untuk memberikan respon yang paling sesuai terkait pernyataan/keadaan di bawah ini:Saya merasa yakin dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mahasiswa saat mengikuti diskusi-diskusi.*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya merasa yakin dalam memfasilitasi proses diskusi di kelas (luring, daring, maupun hybrid)*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya merasa yakin dapat berkomunikasi secara efektif dengan mahasiswa*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya merasa yakin dalam mengekspresikan diri (emosi dan humor) di kelas (luring, daring, maupun hybrid)*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya berpendapat bahwa fakultas mengambil peran aktif untuk meningkatkan keterampilan dosen dalam melaksanakan pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid)*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya berpendapat bahwa rekan-rekan sesama dosen saling membantu dalam meningkatkan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid)*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuWorkshop-workshop pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) yang dilakukan oleh Fakultas sangat aplikatif dan membantu kinerja dosen*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuTim pengampu di fakultas saling membantu terkait pelaksanaan pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid)*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuFakultas memiliki sikap yang positif dan memfasilitasi media pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) bagi dosen*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya bisa mengontrol kemajuan saya dalam mempelajari materi tertentu*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya menjalankan Rencana Pembelajaran Semester dalam perkuliahan saya dengan baik*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya dapat fokus dengan pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) tanpa terganggu dengan aktivitas-aktivitas lain*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya suka berbagi ide dengan orang lain*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya yakin bisa menerapkan keterampilan yang saya miliki ke dalam pekerjaan mengajar*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya yakin bahwa saya sudah mengalami kemajuan terkait manajemen pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid)*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya memiliki harapan tinggi bahwa capaian pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) dapat tercapai*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat SetujuSaya menikmati tantangan-tantangan dalam menyelenggarakan perkuliahan-perkuliahan (luring, daring, maupun hybrid)*Sangat Tidak SetujuTidak SetujuSetujuSangat Setuju Bagian 2 Pada bagian ini, terdiri dari form evaluasi pelaksanaan pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) pada mata kuliah selama satu semester yang Bapak/Ibu ampu: Mohon untuk memberikan respon yang paling sesuai terkait pernyataan/keadaan di bawah ini:Penyampaian kontrak pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) selama satu semester hingga komposisi penilaian mahasiswa*Sangat TerbukaCukup TerbukaKurang TerbukaTertutupPenguasaan materi sesuai Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebelum perkuliahan*Sangat MenguasaiCukup MenguasaiTidak MenguasaiSangat Tidak MenguasaiKesesuaian cakupan materi dengan ketersediaan waktu selama perkuliahan*Sangat SesuaiCukup SesuaiTidak SesuaiSangat Tidak SesuaiMemberikan kesempatan dan mendorong keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam perkuliahan*Sangat SesuaiCukup SesuaiTidak SesuaiSangat Tidak SesuaiKetersediaan dan pemanfaatan referensi, media dan bahan ajar yang mutakhir dan komprehensif*Sangat TersediaCukup TersediaTidak TersediaSangat Tidak TersediaMenyediakan akses yang dibutuhkan mahasiswa terhadap materi yang dibutuhkan*Sangat SesuaiCukup SesuaiTidak SesuaiSangat Tidak SesuaiPemberian umpan balik penugasan yang diberikan pada mahasiswa*Banyak DilakukanCukup DilakukanSedikit DilakukanTidak DilakukanKeterbukaan untuk menerima konsultasi mengenai materi di luar perkuliahan*Sangat TerbukaCukup TerbukaKurang TerbukaTertutupMateri sesuai dengan kepakaran yang sedang dikembangkan*Sangat SesuaiCukup SesuaiTidak SesuaiSangat Tidak SesuaiMateri yang diampu meningkatkan kompetensi profesional sebagai dosen*Sangat SesuaiCukup SesuaiTidak SesuaiSangat Tidak SesuaiPersiapan metode dalam penyampaian materi secara daring telah didukung dengan kesiapan dalam mengatisipasi kendala*Sangat OptimalCukup OptimalTidak OptimalSangat Tidak OptimalKoordinasi dengan pengampu lain pada mata kuliah yang sama terkait perkuliahan*Banyak DilakukanCukup DilakukanSedikit DilakukanTidak DilakukanMateri pada setiap pertemuan telah sesuai dengan rencana pembelajaran semester*Sangat SesuaiSesuaiTidak SesuaiSangat Tidak SesuaiProses pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) yang dilalui telah sesuai dengan tujuan dan capaian pembelajaran*Sangat SesuaiSesuaiTidak SesuaiSangat Tidak SesuaiTujuan dan capaian pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) telah terpenuhi*Sangat SesuaiSesuaiTidak SesuaiSangat Tidak Sesuai Bagian 3 Menurut Bapak/Ibu, sejauh mana mahasiswa yang Anda ampu pada pembelajaran (luring, daring, maupun hybrid) selama satu semester menunjukkan performanya pada hal-hal di bawah ini:Ketepatan mahasiswa masuk di kelas (luring, daring, maupun hybrid)*Sangat BaikBaikKurang BaikTidak BaikSopan santun dan tata karma*Sangat BaikBaikKurang BaikTidak BaikInisiatif mahasiswa dalam mempelajari materi sebelum perkuliahan dan memanfaatkan ragam metode belajar*Sangat BaikBaikKurang BaikTidak BaikKeaktifan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan*Sangat BaikBaikKurang BaikTidak BaikKetepatan pengumpulan tugas dan hasil pekerjaan yang optimal*Sangat BaikBaikKurang BaikTidak BaikKualitas literatur atau materi dalam pengerjaan tugas perkuliahan*Sangat BaikBaikKurang BaikTidak BaikKemampuan mencari dan menggunakan referensi yang mutakhir, serta mengaplikasikan ke dalam tugas*Sangat BaikBaikKurang BaikTidak BaikKemampuan mahasiswa untuk mengungkapkan gagasan dengan baik melalui lisan maupun tulisan*Sangat BaikBaikKurang BaikTidak Baik