Pilih Laman

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan sebuah program yang diadakan oleh Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen. Belmawa) yang bertujuan untuk memberikan mahasiswa sebuah wadah untuk dapat meningkatkan kemampuan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat secara umum. PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Mahasiswa diberi wadah untuk dapat mengimplementasikan kemampuan, keahlian, tanggung jawab, membangun kerjasama tim, dan mengembangkan kemandirian melalui kegiatan PKM.

Secara garis besar PKM dikelompokkan menjadi 2 (dua):

  1. PKM Pendanaan, terdiri dari 8 bidang PKM, yaitu PKM Riset Eksakta (PKM-RE); PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH); PKM Kewirausahaan (PKM-K); PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM); PKM Penerapan Iptek (PKM-PI); PKM Karsa Cipta (PKM-KC); PKM Karya Inovatif (PKM-KI); dan PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK).
  2. PKM Insentif, terdiri dari 2 bidang PKM, yaitu PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT) dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)

Kontingen Universitas Diponegoro (Undip) pada kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2023 berhasil meraih peringkat 6 nasional. PIMNAS merupakan kegiatan resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan tahun ini diselenggarakan di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Pada kategori presentasi, tim Yuki Kristina Lase dari Fakultas Psikologi Undip berhasil menyabet medali emas pada kelas PKM-PM-1. Tim Yuki Kristina Lase sebagai Ketua beranggotakan Salisa Wardani (Psikologi), Dilah Nugrahaning Widyo Utami (Psikologi), Claudia Giovanni Christi (Psikologi), dan Ni Putu Sasti Wulandari Dwipa (Teknik Industri).

Tim Yuki memeroleh emas untuk karya tulis PKM-PM dengan judul “Pemanfaatan Alat Musik Kalimba dalam Upaya Meningkatkan Optimisme dan Harapan Hidup pada Lansia di RPSLU Wening Wardoyo” dengan Dosen Pembimbing: Dr. Unika Prihatsanti S.Psi., M.A.

“Saya pribadi sangat bersyukur diberi kesempatan untuk mengikuti rangkaian kegiatan PKM hingga akhirnya tembus ke PIMNAS. Semua tenaga, waktu, dan pikiran yang kami kerahkan sebagai tim terbayar dengan perolehan medali emas di kategori presentasi. Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung dan memfasilitasi kami.” ucap Yuki dengan penuh haru.

Dosen Pembimbing Tim Yuki, Dr. Unika Prihatsanti S.Psi., M.A. menambahkan bahwa prestasi yang diukir oleh Yuki dan kawan-kawan menjadi sejarah baru bagi Fakultas Psikologi dan bukti bahwa kerja keras yang dilalui tidak pernah sia-sia. Banyak manfaat dan pembelajaran yang diraih lewat kompetisi PKM ini. Medali emas hanyalah salah satu bonus yang diberikan oleh Tuhan kepada kami. Harapannya dengan perolehan medali emas tim Fakultas Psikologi di PIMNAS bisa menjadi katalisator yang mendorong mahasiswa-mahasiswa Kampus Magenta lainnya untuk memiliki achievement motivation serta berani melangkah untuk berkompetisi dan mengukir prestasi yang membanggakan.

Psikologi UNDIP, Tetap Prioritas!!!
UNDIP, Jaya!!!
Fakultas Psikologi
Universitas Diponegoro