Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bagikan ke:

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seminar Nasional, Workshop dan Call For Paper 2021

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro telah melaksanakan Seminar Nasional, Workshop, dan Call for Paper ā€œOptimalisasi Peran Keluarga dalam Pembangunan Berkelanjutan Masyarakat Indonesia yang Adaptif dan Tangguh di Era Perubahanā€. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari peringatan dies natalis XXVI Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Tahun 2021.

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung pergerakan Sustainable Development Goals SDGs yaitu dalam poin 3 (Good Health and Well Being), 4 (Quality Education), dan 17 (Partnership for the Goals).

Masih dalam atmosfer situasi pandemi yang memaksa terjadinya perubahan dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat, menjadi suatu kebanggaan bagi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro untuk dipercaya melaksanakan kegiatan ini. Dalam keberjalanannya Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro telah dapat memfasilitasi tanpa batasan jarak dan ruang atas sebuah pengalaman untuk meningkatkan wawasan, keterampilan profesional, dan memberi ruang diseminasi atas berbagai hasil penelitian para civitas akademika, pemerhati, dan pakar praktisi di masyarakat.

Rangkaian kegiatan Seminar Nasional, Workshop, dan Call for Paper ā€œOptimalisasi Peran Keluarga dalam Pembangunan Berkelanjutan Masyarakat Indonesia yang Adaptif dan Tangguh di Era Perubahanā€ ini di selenggarakan selama dua hari pada tanggal 24 dan 25 April tahun 2021 dengan sinergi kepanitiaan yang terdiri atas dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Pada hari pertama pelaksanaan rangkaian kegiatan ini, telah terselenggara dengan baik 5 kelas workshop paralel, maisng-masing dnegan judul:

  1. Aplikasi software ATLAS untuk analisis data penelitian kualitatif oleh Costrie Ganes Widayati, S.Psi., M.Si., Med., Ph.D. dan Kartika Sari Dewi, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  2. Pengolahan data penelitian kuantitatif menggunakan software JASP oleh Dr. Prasetyo Budi Widodo, S.Psi., M.Si.
  3. Psikotraumatologi dasar oleh Dra. Tri Iswardani, M.Si., Psikolog
  4. Menua dengan Anggun oleh Dr. Yeniar Indriana, MS., Psikolog
  5. Mengasuh dengan cinta: Deteksi Dini Anak Berkebutuhan dan Pencegahan Stunting dalam Tumbuh Kembang Anak oleh Dr. Hastaning Sakti, M.Kes., Psikolog dan Nuryanto, S.Gz., M.Gizi

Total kelima kelas paralel workshop tersebut diikuti oleh setidaknya 140 orang peserta dari beragam latar belakang dosen, mahasiswa, guru, psikolog, hingga anggota dharma wanita Fakultas Psikologi Undip.

Sebanyak 78 orang peserta juga telah mendaftar untuk mengikuti kegiatan seminar nasional pada hari kedua 25 April 2021. Pada kesempatan ini Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro mengundang tokoh yang luar biasa pada bidangnya untuk memaparkan materi di kegiatan Seminar Nasional. Beliau adalah:

  1. Alissa Qotrunnada Munawaroh Rahman Wahid
    M.Sc., Psikolog
    (Duta Sustainable Development Goals (SDGS) Nasional)
    Memaparkan mengenai “Strategi Nasional dan Peran Keluarga dalam Pembangunan Masyarakat Indonesia Berkelanjutan”
  2. Prof. Johana Endang Prawitasari Ph.D,, Psikolog
    (Penasehat dan Dewan Pakar Ikatan Psikologi Klinis dan Guru Besar Psikologi Klinis Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta)
    Memaparkan mengenai “Kesehatan Psikososial : Model Penyesuaian dalam Kepemimpinan di Era Perubahan Disruptif”
  3. Annastasia Ediati S.Psi., M.Sc., Ph.D.
    (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro)
    Memaparkan mengenai “Membangun Hubungan Harmonis dan Sehat Mental antar Pasangan di Masa Kenormalan Baru : Kiat dan strategi”
  4. Dr. Wiwin Hendriani S.Psi., M.Si.
    (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Ketua Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (IPPI)-HIMPSI)
    Memaparkan Mengenai “Perspektif Life-Span Terhadap Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Mempersiapkan Generasi Muda Adaptif dalam Era Kehidupan Digital Kenormalan Baru”

Pada kegiatan Call for Paper, panitia telah menerima sebanyak total 76 abstrak. Keseluruh abstrak tersebut sebanyak 32 abstrak menerima keputusan diterima dan sebanyak 46 abstrak diputuskan diterima dengan syarat. Kualitas abstrak secara umum dapat dikatakan baik sehingga tidak ada abstrak yang ditolak. Panitia juga cukup berbangga dengan gaung pelaksanaan kegiatan yang menggema secara luas. Secara total, peserta internal hanya meliputi 20% dari seluruh peserta. Selebihnya panitia memberikan apresiasi atas bergabungnya peserta dari 23 instansi di luar Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang yang berasal dari 7 provinsi di Indonesia.

Semoga partisipasi dalam kegiatan ini dapat turut berkontribusi untuk terwujudnya keluarga Indonesia yang berperan optimal dalam pembangunan berkelanjutan masyarakat yang adaptif dan tangguh menghadapi era perubahan.

Psikologi UNDIP, Prioritas!!!
UNDIP, Jaya!!!

Fakultas Psikologi
Universitas Diponegoro

0

Penulis:

Berita Terkait